Sunday, August 9, 2015

KRI Teluk Bintuni Buatan Anak Bangsa Sendiri, Perkuat TNI AL



KRI Teluk Bintuni Buatan Anak Bangsa Sendiri, Perkuat TNI AL

http://www.wilayahperbatasan.com
Armada Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, Rabu (17/6), bertambah dengan bergabungnya KRI Teluk Bintuni. Kapal perang jenis pengangkut tank ini akan digunakan di bawah kendali satuan lintas laut militer Surabaya.
"KRI Teluk Bintuni hadir untuk mendukung Pemerintah Indonesia sebagai poros maritim dunia," kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam peresmian kapal itu di Bandar Lampung, kemarin.
KRI Teluk Bintuni yang dibuat oleh PT Daya Radar Utama merupakan kapal pengangkut tank terbesar yang dimiliki Indonesia. Kapal dengan berat 2.300 ton itu bisa mengangkut 10 tank tempur utama jenis Leopard 2A4 milik TNI Angkatan Darat dan 111 anak buah kapal.

http://www.wilayahpertahanan.com

Kapal berukuran panjang 120 meter dan lebar 18 meter serta punya kecepatan maksimal 15 knot ini juga mampu mengangkut dua helikopter. Kapal ini juga dilengkapi sejumlah senjata untuk pertahanan diri, yaitu meriam bofors kaliber 40/L70 mm dan dua senapan mesin berat kaliber 12,7 mm.
Dengan penambahan sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) dalam beberapa tahun terakhir, Ryamizard mengatakan, peringkat kekuatan militer Indonesia di dunia meningkat dari sebelumnya di urutan ke-19 dunia, kini ada di peringkat ke-12 dari 126 negara.
Dalam lima hingga 10 tahun ke depan, ujar Ryamizard, Pemerintah Indonesia menargetkan ada di peringkat 10 besar negara dengan kekuatan militer terbaik.
Direktur Utama PT Daya Radar Utama Amir Gunawan berharap agar kapal yang mereka bangun bisa bermanfaat bagi pertahanan Indonesia. "KRI Teluk Bintuni dibangun dengan biaya sekitar Rp 160 miliar dan dikerjakan selama 16 bulan," katanya. (GER, kompas,18 juni 2015)

1 comment:

  1. Forum ini sangat berguna, semoga bermanfaat bagi kita semua, saya juga sangat berharap teman teman menyempatkan diri untuk melihat artikel saya juga Poker PKV. Terima kasih banyak temanku!

    ReplyDelete