Friday, October 21, 2016

TNI dan Kabupaten Luwu Timur Cetak Sawah Baru

TNI dan Kabupaten Luwu Timur Cetak Sawah Baru


Pemerintah Kabupaten Luwu Timur bersama jajaran TNI dan masyarakat melakukan tanam serentak di Lokasi cetak sawah di Desa Lera Kecamatan Wotu. Penanaman perdana ini juga diikuti Kolonel CZI, Asrofi Direktorat Zeni TNI AD, Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Kav, Cecep Tendi Sutandi, Asisten Pemerintahan, Dohri As Ari dan Kadis Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Muharif di areal persawahan, Senin (19/09/2016).

Selain menanam padi secara manual, penanaman kali ini juga menggunakan6 alat mesin pertanian (Alsintan) transplanter atau mesin tanam. Direktorat Zeni TNI AD (DITZIAD), Kolonel CZI Asrofi mengatakan pertanian merupakan sektor unggulan nasional. Sebagai sektor prioritas, TNI dipercaya dan diberi amanah untuk mensukseskan swasembada beras dengan pendampingan.
“Pelibatan personil kami diharapkan dapat mensukseskan program ketahanan pangan nasional ” katanya.

Asrofi juga mengajak petani agar serius mengelola lahan pertaniannya. Apalagi pemerintah sudah memberikan bantuan seperti bantuan mesin tanam atau tranplanter, bibit hingga cetak sawah “petani harus mendukung dan memanfaatkan bantuan ini dengan mengelola lahannya semaksimal mungkin” tandasnya. Asisten Pemerintahan, Dohri As’ari mengatakan dengan dukungan TNI baik melalui pendampingan maupun pengawasan, program cetak sawah diharapkan lebih baik lagi. “Saya mengharapkan hasil tanam serentak yang kita lakukan pagi ini, dapat kembali kita lakukan saat panen nanti. Ini semata-mata untuk memastikan program ini berjalan sesuai harapan” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan, Muharif mengatakan alokasi kegiatan cetak sawah untuk Luwu Timur tahun 2016 seluas 1.400 hektar dengan total anggaran mencapai Rp. 22 Milyar lebih yang bersumber dari dana APBN melalui dana dekonsentrasi pada satker dinas pertaninan TPH Provinsi Sulsel yang tersebar di 39 kelompok tani, 12 desa dan 5 kecamatan.

Khusus di Desa Lera ini, katanya lagi areal cetak sawah sebanyak 55 hektar dan yang sudah tertanami sebanyak 33 hektar yang di kelola kelompok tani Maranindi yang berjumlah 28 orang. (rls/shd)

Sumber : http://sulsel.fajar.co.id/2016/09/20/tni-cetak-1-400-hektare-sawah-baru/

No comments:

Post a Comment