Thursday, November 12, 2015

Panduan Seleksi Masuk Prajurit Tni/Polri

Panduan Seleksi Masuk Prajurit Tni/Polri
oleh harmen aekgarugur

Sebelum Anda mendaftar dan mengikuti seleksi menjadi prajurit TNI/Polri, akan jauh lebih baik bila anda melengkapi pengetahuan Anda tentang seluk-beluk seleksi itu sendiri. Karena dengan berbekal pengetahuan yang baik dan cukup, maka sangatlah besar kemungkinan Anda untuk lulus dalam seleksi tersebut.
 Kenapa Mereka Gagal? Banyak pemuda indonesia sesungguhnya ingin menjadi anggota TNI, karena menjadi prajurit TNI memang menarik dan membanggakan. Kenapa tidak? Di samping bisa mengabdi pada Nusa dan Bangsa, prajurit memperoleh penghargaan tersendiri dari warga masyarakat. Prajurit menerima berbagai layanan keprajuritan seperti, perumahan, tunjangan keluarga, tunjangan operasi, jabatan, rawatan kesehatan, tunjangan perumahan,  tunjangan hari tua, dan asuransi jiwa. Di samping itu, dan yang tidak kalah menariknya adalah pembinaan prajurit TNI itu sendiri. TNI adalah salah satu institusi yang membina prajuritnya secara berlanjut, berjenjang, dan membanggakan. Pembinaan dan pendidikan yang mengajarkan kepemimpinan secara sistematis  dan sudah teruji di indonesia. Praktis hidup seorang prajurit adalah rangkaian pendidikan, penugasan, pelatihan dan operasi.

Tetapi ternyata untuk masuk jadi prajurit TNI itu tidak mudah. Tidak mudah dalam artian, kalau anda memang tidak cocok jadi prajurit maka itu akan langsung ketahuan. Tidak cocok disini bisa karena faktor psikologis atau kejiwaaan, faktor kesehatan, intelektualitas, dan postur tubuhnya sendiri. Secara fisik sesorang calon prajurit bisa terlihat gagah, tetapi begitu diuji dan di test kesehatan dan kemampuan ideologi dan intelektualnya ternyata memang dia tidak cocok jadi prajurit TNI. Nah yang lebih parah lagi, banyak para calon prajurit itu sesungguhnya tidak jelas dan tidak tahu bagaimana sebenarnya proses seleksi itu dilakukan. Apa saja sebenarnya yang perlu dipersiapakan agar bisa lolos seleksi jadi prajurit TNI itu.
Buku ini dimaksudkan sebagai panduan sederhana dalam mempersiapkan diri mengikuti seleksi masuk Prajurit baik TNI dan secara umum untuk semua tingkatan baik Perwira, Bintara serta Tamtama. Karena pada dasarnya, standar tes Seleksi Masuk Prajurit TNI adalah relatif sama di semua Angkatan, antara lain : Akademi TNI (Akmil, AAL, AAU) dan Akpol, Perwira Prajurit Karier (Pa PK TNI), Sekolah Penerbang TNI Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP) , Mahasiswa Beasiswa Ikatan Dinas TNI, Bintara Prajurit Karier TNI (AD/AL/AU/Pol), Tamtama Prajurit Karier TNI (AD/AL/AU) dan Wanita TNI (Kowad, Kowal, Wara) dan Polwan, yang membedakan adalah pada ke khususannya masing-masing satuan dan tingkatan atau levelnya sendiri.
Fakta menunjukkan bahwa banyak sekali Peserta Tes yang gagal atau tidak lulus dalam tes penerimaan Prajurit TNI, karena mereka memang tidak tahu mau apa? Bisa dibayangkan, tanpa mengetahui cara dan ragam materi yang akan diujikan tentu Anda pasti kecut dan frustrasi. Walaupun sebenarnya Anda memenuhi standar untuk menjadi Prajurit TNI., tetapi karena tidak tahu apa-apa ya malah bingung nggak karuan. Buku ini diharapkan dapat memberi peluang yang lebih baik untuk mengembangkan bakat atau potensi yang dimiliki secara maksimal untuk bisa mengikuti tes, Anda diharapkan bisa lebih siap dalam mempersiapkan diri.

Memang banyak faktor yang menyebabkan seseorang tidak lulus / gagal dalam tes penerimaan Prajurit TNI, namun salah satu faktor penyebab yang paling menonjol adalah karena pada umumnya mereka tidak memiliki pengetahuan yang benar dan cukup tentang seleksi tersebut. Bisa dibayangkan, jika dalam mengikuti seleksi tanpa bekal pengetahuan yang memadai, maka sudah pasti seleksi Anda hanya bisa bersifat pasrah dan untung-untungan. Padahal jika seandainya Anda mempunyai pengetahuan tentang seleksi, maka hasilnya akan lebih baik karena mempunyai kesempatan mempersiapkan diri secara lebih optimal sehingga kemungkinan lulus jadi lebih besar.


Persyaratan administrasi adalah mutlak. Anda dituntut untuk bisa melengkapi dan menyerahkannya secara lengkap pada waktunya. Apabila tidak lengkap jangan harap Anda akan dapat panggilan dari panitia untuk melaksanakan tes berikutnya. Oleh karena itu, hal ini bisa Anda lakukan dengan mencari informasi yang dibutuhkan melalui media massa atau website resmi TNI di tiap-tiap angkatan. Apabila Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih jelas lagi maka jangan sungkan atau ragu dengan mendatangi satuan TNI terdekat, datanglah ke Bagian Personel di instansi TNI tersebut dan tanyakan informasi yang Anda perlukan. Kalau cara Anda baik, pasti Anda dilayani dengan baik pula.

No comments:

Post a Comment