Thursday, March 24, 2016

Membangun Halaman Depan Bangsa Catatan Blog Seorang Prajurit Perbatasan



Membangun Halaman Depan Bangsa. Catatan Blog Seorang Prajurit Perbatasan. Wilayah perbatasan Negara Kepulauan Nusantara merupakan Kawasan perlintasan perdagangan dunia yang begitu strategis. Perdagangan dunia yang menghubungkan dua Samudra dan dua Benua. Sampai saat ini sudah dinikmati dan dirasakan oleh negara tetangga. Singapura dan sebentar lagi Malaysia, dua negara tetangga yang mampu menyuguhkan layanan, sarana dan prasarana kelas dunia yang fungsional dengan cita rasa dan keramah tamahan dari timur. Padahal dari segi apapun, kalau Indonesia bisa menyediakan infrastruktur, menata diri, dan bersolek rupa maka dibandingkan dengan negara manapun di sekitarnya pastilah tetap jauh lebih unggul. Dalam kondisi seperti itulah maka penulisan buku ini. 

Buku dengan judul MEMBANGUN HALAMAN DEPAN BANGSA DI PERBATASAN dilakukan. Serial Catatan Blog Seorang Prajurit Perbatasan.
Dari sisi ekonomi perbatasan sejatinya harus didukung dengan sarana infrastruktur dan regulasi yang fungsional yang bisa menghadirkan para pengusaha, penggiat bisnis di wilayah perbatasan. Pada lokasi-lokasi tertentu di perbatasan kita harus didukung dengan kehadiran Lapangan Terbang yang mampu dimanfaatkan bagi pergerakan logistik nasional, sarana yang bisa dimanfaatkan untuk pertahanan, bisa dimanfaatkan pesawat tempur bagi pengamanan wilayah. Di perbatasan semestinya ada berbagai sarana ekonomi, baik berupa Ekonomi Khusus, gerai perdagangan atau apalah namanya yang mampu memfasilitasi bagi kelancaran perdagangan barang dan pergerakan orang. Pemda perbatasan di tuntut untuk mempunyai berbagai sarana dan fasilitas penunjang perdagangan dan pariwisata. Pemda perbatasan harus diperkuat dengan kemampuan sesuai dengan kebutuhan realitas dan prediksi perkembangan yang akan ada. Itulah sejatinya ide-ide yang ada pada saat Catatan Blog Seorang Prajurit dari Perbatasan.

No comments:

Post a Comment