Sunday, December 10, 2017

Panglima TNI Berziarah ke Makam Jenderal Soedirman


Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Kota Yogyakarta, Minggu (10/12). Dalam kunjungan itu, Hadi berjanji akan melaksanakan pesan-pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam memimpin TNI.
Marsekal Hadi Tjahjanto dan rombongan tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara sekitar pukul 10.00. Selain didampingi sejumlah pejabat TNI, Hadi juga datang bersama beberapa pemimpin redaksi media massa nasional.
Dalam ziarah tersebut, Hadi duduk dan berdoa bersama di depan makam Panglima Besar Jenderal Soedirman. Setelah prosesi doa selesai, Hadi kemudian menaburkan bunga ke makam Jenderal Soedirman.
”Memang sudah niat saya sejak awal, sebelum saya memulai kerja saya di Mabes (Markas Besar) TNI, saya akan nyekar dulu ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman,” kata Hadi seusai berziarah.
Memang sudah niat saya sejak awal, sebelum saya memulai kerja saya di Mabes TNI, saya akan nyekar dulu ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman.
Hadi menuturkan, Panglima Besar Jenderal Soedirman merupakan tokoh penting dalam sejarah TNI. Dia menambahkan, Panglima Besar Jenderal Soedirman juga merupakan tokoh yang meletakkan nilai-nilai dasar TNI. ”Panglima Besar Jenderal Soedirman telah memberikan nilai-nilai dasar kepada TNI, yaitu menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI,” ujarnya.


Hadi menambahkan, sebagai Panglima TNI, dirinya siap melaksanakan semua pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman. ”Pesan-pesan yang disampaikan beliau (Panglima Besar Jenderal Soedirman) dalam tulisannya semuanya akan saya laksanakan dalam rangka membangun TNI yang profesional dan modern. Semuanya adalah demi menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI,” tuturnya.
Panglima Besar Jenderal Soedirman telah memberikan nilai-nilai dasar kepada TNI, yaitu menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (tengah), Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi (kiri), dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono saling berjabat tangan seusai acara pelantikan Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12). Marsekal Hadi Tjahjanto dilantik sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.
Selain berziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman, Hadi juga dijadwalkan mengunjungi Monumen Perjuangan TNI AU di daerah Ngoto, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam kunjungan itu, Hadi juga sekaligus berziarah ke makam dua tokoh TNI Angkatan Udara, yakni Adisutjipto dan Abdulrahman Saleh, yang terletak di kompleks Monumen Perjuangan TNI AU di Ngoto.
”Dari makam Panglima Besar Jenderal Soedirman, saya akan menuju ke Ngoto, tempat dimakamkannya pahlawan nasional Adisutjipto dan Abdulrahman Saleh,” ungkap Hadi.
Sumber : Oleh Haris Firdaus, Kompas.id, 10 Desember 2017

1 comment:

  1. Hai,, Kami dari Roket4D.. Pembahasan ini sangat bagus,, Semoga ini berguna bagi kita semua dan jangan lupa kunjungi juga situs kami Roket4D

    ReplyDelete